top of page

Golden Sunrise

Sebelum punya kamera digital cara saya menikmati momen matahari terbit cukup dengan duduk santai menghirup segarnya udara pagi sembari mengucap syukur telah diberi kesempatan oleh Tuhan untuk menikmati ciptaanNya yang sangat indah ini. Saya memang penikmat sunrise, jalan-jalan ke manapun saya selalu sempatkan mencari info tempat terbaik menyaksikan matahari terbit. Siapa yang tidak takjub melihat lukisan alam karya Sang Pencipta Semesta ini, matahari yang seolah muncul dari permukaan laut, di dataran tinggi matahari perlahan menunjukan dirinya di balik bukit pegunungan. Sungguh pemandangan seperti itu yang membuat saya rela bangun pagi-pagi hanya untuk menyaksikan terbitnya fajar. Setelah punya kamera digital saya jadi punya ‘teman’ yang selalu saya ajak bangun pagi untuk mengabadikan sunrise di pantai maupun di gunung. Aksesoris pendukung lainnya untuk memotret sunrise yaitu tripod dan shutter release, saya sendiri belum punya shutter release jadi saya gunakan timer yang ada di menu kamera.

Ketika berkunjung ke Pulau Karimunjawa saya juga tak lupa mencari informasi tempat untuk mengabadikan sunrise dan sunset yang bagus, contoh pada saat pagi hari saya tiba di pelabuhan penyebrangan kapal dari Jepara ke Pulau Karimunjawa yaitu pelabuhan Kartini, saya sempatkan untuk ‘berburu’ sunrise di sekitar pelabuhan tersebut.

Gambar 1.1 Golden Sunrise pantai ujung gelam

Pagi hari di sekitar pelabuhan Pulau Karimunjawa juga tak kalah eloknya, saya dan beberapa teman saya rela bangun pagi-pagi dan jalan kaki yang jaraknya lumayan jauh demi mengabadikan matahari terbit di dermaga, hasilnya seperti ini.

Air laut yang tenang, perahu nelayan yang berbaris rapi, serta cuaca pagi yang bersahabat merupakan perpaduan yang sempurna yang saya dapati saat merekam indahnya pelabuhan di Karimunjawa saat pagi hari. Di salah satu resort ternama di pulau ini juga ada pantai yang menurut saya sempurna banget untuk berburu foto keindahan sunrise. Tidak jauh dari pelabuhan besar menaiki jalan menanjak sampailah kita di Nirwana Resort. Walaupun masih sangat pagi dan hari masih gelap pantai di resort tersebut sudah ramai diserbu para landscaper yang tak mau ketinggalan momen berharga ini. Oh iya meski kita tidak menginap di resort yang mewah ini kita tetap bisa masuk dengan membayar biaya retribusi kepada penjaga resort tersebut.


Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page