top of page

Diving in Cemara Island

Pulau cemara karimunjawa adalah merupakan salah satu dari 27 kepulauan karimunjawa yang belum berpenghuni. Pulau cemara karimunjawa ini masuk dalam agenda tour laut yang mana tergantung dari pemilihan paketnya. Kenapa pulau cemara kecil karimunjawa masuk dalam salah satu spot wisata karimunjawa.

Jawabannya, sebab pulau cemara ini memiliki pantai pasir putih yang luas dan laut yang indah. Sebelum memasuki pulau cemara kecil, disepanjang perjalanan anda dapat melihat terumbu karang yang terlihat jelas dari atas perahu. Ketika menuju tepi pantai anda harus turun agak jauhan dari bibir pantai jaraknya kurang lebih 30 meteran. soalnya perahunya tidak dapat jalan sampai tepi dikarenakan lautnya dangkal. Tidak usah takut, airnya cukup dangkal cuma selutut orang dewasa.

Asal usul Pulau ini dinamakan Pulau Cemara Karimunjawa karena di pulau tersebut banyak ditumbuhi oleh pohon cemara. Sama halnya dengan penamaan Pulau Cemara Besar. Dan bedanya dilihat dari luas wilayahnya saja. Pemandangan deretan pepohonan cemara tersebut nampak sangat indah sekali dari kejauhan dan terlihat kontras dengan pemandangan di sekitarnya. Perairan di sekitar pulau ini pun tergolong dangkal.

Gambar 1.1 Diving Pulau Cemara

Pulau Cemara Karimunjawa ini sangatlah mempesona dengan perpaduan antara pasir putihnya yang membentang dengan air lautnya yang jernih dan berwarna biru muda menjadikan pulau ini sangat cantik sekali bagaikan sebuah gambar dalam lukisan. Di Pulau Cemara Kecil ini anda dapat melakukan berbagai kegiatan wisata diantaranya yaitu bersantai sambil menikmati pemandangan, berenang, snorkeling, dan juga diving. Snorkeling dan diving merupakan kegiatan yang tidak boleh anda lewatkan begitu saja, karena pemandangan bawah lautnya pulau cemara kecil karimunjawa ini sangatlah mempesona sekali dan dijamin akan membuat anda betah berlama – lama.

Airnya yang jernih membuat terumbu karang nan indah bisa jelas terlihat dari atas perahu. Siapapun yang melihat bisa langsung tergoda untuk segera lompat ke dalam air. Jarak antara terumbu karang dan permukaan laut mulai dari 2 meter hingga 4 meter. Dan bahkan akan lebih dekat lagi saat air sedang surut. Nah, saat airnya surut maka para penelusur harus lebih berhati -hati karena bisa saja tubuh atau kaki Anda terkena terumbu karang.

Lokasi pulau cemara kecil karimunjawa terletak disebelah timur pulau utama karimunjawa dan dekat pula dengan pulau cemara besar. Tempatnya sangat indah, pantainya bersih, dan pasirnya berwarna putih lembut. Disana juga ditumbuhi pohon cemara yang mungkin buat anda berteduh. Perjalanan menuju pulau cemara kecil menggunakan perahu tour cukup 30 menitan dari karimunjawa. Pulau ini belum ada yang menghuni, jadi disana masih sepi sehingga anda dapat menikmati ketenangan indahnya pulau cemara kecil karimunjawa ini. Untuk anda yang kesehariannya sibuk dikantor atau ditempat yang ramai, tempat ini bisa menjadi alternatif untuk merefresh atau menenangkan pikiran anda walaupun memang cuma sebentar.

Pulau Cemara Kecil seperti kebanyakan pulau – pulau lain yang ada di Karimunjawa yaitu lingkungannya masih sangat asri dan juga bersih sekali bebas dari sampah. Jadi saat anda sedang berkunjung ke Pulau Cemara Kecil Karimunjawa ini diharapkan untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan juga tidak merusak fasilitas yang ada.


Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page